Baca Doa Ini Saat Dhuha untuk Mendoakan Orang Sakit

Saat kerabat kita ditimpa musibah dan cobaan berupa sakit, tentunya kita sebagai kerabatnya akan tergerak untuk menjenguknya. Saat menjenguknya, sudah seharusnya juga kita memberikan doa kepada kerabat kita agar kerabat kita yang tertimpa sakit tersebut dapat ditolong Allah untuk dimudahkan cobaannya dan segera diangkat penyakitnya. Bagaimana lafal doa untuk orang sakit dan bagaimana waktu yang tepat untuk mendoakannya?

Baca Juga : Cara Ampuh Menikung Orang Yang Kita Suka Lewat Doa Sepertiga Malam

Doa untuk Orang Sakit: Lafal dan Waktu yang Dianjurkan untuk Mendoakannya

Sebagai wujud peduli dan rasa kasih sayang kepada kerabat atau saudara kita yang tertimpa sakit, selayaknya kita sebagai saudara yang baik tentu kita wajib mendoakannya agar Allah segera mengangkat penyakitnya karena Allah adalah satu-satunya Dzat yang Maha Menyembuhkan hamba-Nya. Berikut ini adalah lafal doa untuk orang sakit yang diajarkan Nabi:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu. wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, semoga Engkau berkenan menghilangkan kesusahan dan menganugrahkahkan kesembuhan pada ia yang sedang dicoba sakit, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa untuk orang sakit tersebut yang telah diajarkan Nabi ini dan tercantum dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Maka dari itu doa ini dapat Anda praktikan untuk mendoakan saudara atau kerabat Anda yang tengah menderita sakit, karena arti dari doa ini yang sangat bagus untuk mendoakan orang yang sakit, yaitu permohonan kesembuhan bagi kerabat kita dan juga mengangkat kesusahan dan cobaan yang sedang dihadapinya.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Tahajud yang Diajarkan Nabi Muhammad, Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa untuk orang sakit ini dapat dibacakan bagi kerabat kita yang sedang sakit pada saat kita menjenguknya. Doa ini juga dapat dibaca pada saat kita tidak bisa mengunjunginya, sehingga kita mendoakan kerabat kita dari jauh. Waktu yang tepat untuk mendoakan orang yang sakit yang kita jenguk adalah saat setelah akan hendak pamit menjenguk  atau pula di tengah-tengah waktu kita menjenguk.

Meski sudah kita doakan saat menjenguk, kita juga dapat mendoakannya setelah kita menjenguknya. Kita dapat mendoakannya di sela-sela kita memanjatkan doa setelah sholat atau setelah sholat sunnah tahajud atau shalat dhuha. Demikian itu adalah lafal doa untuk orang sakit dan juga waktu yang tepat mendoakannya.