Bacaan Sholat Dhuha dan Tata Caranya, Lengkap dengan Keutamaan Pelaksanaannya

Dalam pelaksanaannya, sholat dhuha memiliki tata cara yang hampir sama dengan jenis sholat sunnah lainnya. Namun, sholat dhuha memiliki lebih banyak keutamaan, membuatnya menjadi sholat sunnah yang paling dianjurkan untuk dikerjakan.

Terdapat banyak sekali dalil dalam hadis yang menunjukkan keutamaan dari sholat dhuha. Salah satunya, sholat dhuha merupakan sarana untuk memohon ampunan dosa. Hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa, "Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

Sholat dhuha juga termasuk bagian dari sedekah. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, "Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat."

Setelah mengetahui pentingnya mendirikan sholat dhuha, berikut ini adalah bacaan sholat dhuha lengkap dengan tata caranya yang wajib diketahui, melansir dari dream.co.id:

 

Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha

Berikut ini adalah bacaan niat sholat dhuha:

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya: “Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga https://sholatdhuha.com/